[TIPS] 5 Permainan Indoor Bagi Anak/Balita Anda Tanpa TV atau iPad

Inilah tips yang ingin saya bagikan bagi para orang tua muda, untuk membuat sibuk anak balita anda di rumah dengan permainan yang sehat dan kreatif, dapat dilakukan dan dimainkan di rumah tanpa TV atau iPAD. Selain lebih seru untuk dilakukan bersama dengan anak-anak di rumah, permainan ini bisa mengurangi ketergantungan anak-anak terhadap benda elektronik dan lebih mendekatkan ikatan emosial anak dengan orangtuanya. Yuk simak 5 permainan indoor (dalam ruangan) sehat bagi anak balita anda di rumah:

  1. Play House/ Permainan Rumah-rumahan

Kegiatan bermain ini cukup dilakukan di tempat tidur dengan menggunakan guling dan bantal sebagai pembatas area dan pintu masuk. Biarkan si kecil memilih mainan yang dia ingin bawa ke dalam rumah-rumahannya, kemudian mulailah bermain peran (pretend play) bersama anak.

 

  1. Hide & Seek / Petak Umpet

Mainan tradisional ini masih sangat digemari anak-anak. Sebelum bermain, pastikan kepada anak tempat-tempat yang mereka tidak boleh pakai untuk bersembunyi, terutama tempat tertutup yang bisa mengakibatkan anak kekurangan oksigen, atau terkunci dari dalam. Anak dan Anda dapat bergantian menjadi yang jaga dan yang ngumpet. Yang jaga dapat menghitung sampai 10 untuk memberikan kesempatan yang lain untuk ngumpet.

375x321_article_hide_and_seek

  1. Marcopolo

Dalam permainan ini 1 orang yang jaga ditutup matanya dan berkata “Marco”, dan 1 orang yang main tanpa penutup mata harus membalas dengan berkata “’polo” setiap kali mendengar kata “Marco”. Yang jaga harus mencari yang main dengan mengandalkan pendengarannya. Pastikan aturan main yang jelas, bahwa yang berkata “polo” tidak boleh berpindah-pindah posisi. Lakukan permainan ini secara bergantian dengan si kecil.

Marco Polo game

  1. Mini Bowling

Pin bowling dapat dibeli di toko mainan anak atau dapat juga dibuat sendiri dengan menggunakan botol aqua bekas. Supaya bola tidak menyasar ke kanan dan ke kiri terlalu jauh dan membuat frustasi anak, kita dapat membuat semacam bendungan di kiri kanan jalur dengan menggunakan kotak susu bekas yang disusun memanjang.

c3299846016956620ed2f8c0480143c9

  1. Gymastik sederhana

Anak balita gemar menggunakan seluruh tubuhnya untuk beraktivitas. Membiarkan anak berloncat-loncatan di tempat tidur juga dapat menjadi kesenangan yang luar biasa bagi anak. Pastikan keamanan anak sebelum melakukan kegiatan ini. Bermain jungkat jungkit (see-saw) dengan anak dengan posisi duduk berhadap-hadapan di tempat tidur, dan kaki ditelentangkan dengan kaki anak di bagian bawah kaki Ibu/Bapak, dan saling memegang tangan masing-masing, dan saling bergantian tarik menarik seperti see saw/jungkat jungkit.

Jumping on the bed - gomerblogdotcom

Selamat mencoba dan dapatkan waktu yang berkualitas dengan anak Anda. Ingat…keceriaan mereka tidak akan pernah kembali lagi seiring bertambah dewasa usianya.

One thought on “[TIPS] 5 Permainan Indoor Bagi Anak/Balita Anda Tanpa TV atau iPad

  1. Dahlia

    Menarik sekali permainan-permainannya, bisa jadi inspirasi orang tua untuk mengajak anak bermain di dalam rumah, jadi orang tua tidak perlu takut lagi anak jadi tidak aktif karena belajar di dalam rumah saja. Tergantung cara orang tua mendidiknya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s